Senin, 23 Januari 2017

Contoh matriks proposal

Sedikit contoh Matriks proposal , semoga bermanfaat

Nama              : Abdur Rahman
Semester         : VII A
Mata Kuliah  : Metode Penelitian Pendidikan
STAI Al-Azhar Menganti


Matriks Proposal

No
Aspek
Keterangan
1
Judul
Penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi zakat mall di SMA Al-Azhar Menganti.
2
Identifikasi Masalah
Prestasi belajar siswa yang menurun
Motivasi belajar siswa yang rendah
Dalam materi zakat mall  hanya 20 % siswa yang tuntas sedangkan 80 % tidak tuntas
3
Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang saya angkat adalah :
1.      Bagaimanakah  peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran Pendekatan Problem Based Learning (PBL)?
2.      Bagaimanakah  pengaruh metode pembelajaran Pendekatan Problem Based Learning (PBL)  terhadap motivasi belajar siswa?
4
Tujuan Penelitian
Beberapa tujuan yang ingin dicapai :
1.      Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Pendekatan Problem Based Learning (PBL)
2.      Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode metode pembelajaran Pendekatan Problem Based Learning (PBL)
5
Hipotesis Tindakan
Hasil belajar siswa pada materi bab zakat mall meningkat dengan penerapan metode pembelajaran pendekatan Problem Based Learning.
Motivasi belajar siswa pada materi ini cenderung meningkat dengan penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning.
6
Populasi Penelitian
Kelas X Reg A SMA Al-Azhar dengan kasus Prestasi belajar siswa yang menurun
Motivasi belajar siswa yang rendah
Dalam materi zakat mall  hanya 20 % siswa yang tuntas sedangkan 80 % tidak tuntas
7
Setting Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Azhar Menganti Kelas X Reg A
8
Subyek Penelitian dan Rencana Tindakan
Subyek penelitian ini adalah X Reg A SMA Al-Azhar dimana satu kelas terdiri dari 30 siswa, 15 laki-laki dan 15 perempuan
Rencana tindakan :
1.      Meneliti kelas
2.      Memberikan latihan-latihan
3.      Membuat lembaran observasi
4.      Membuat jadwal penelitian
9
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dengan metode tes yaitu tes hasil belajar
Pengumpulan data dengan metode no tes yaitu dengan observasi
10
Instrumen Pengumpulan Data
Lembar tes, wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan presentase ketuntasan
11
Teknik Analisis Data
Analisis data yang digunakan adalah berupa hasil belajar siswa dan analisis data hasil observasi siswa




Nama                             : Lisa ‘Adatud Daroini
NIRM/No Peserta          : 2013.4.057.0001.1.001281/2016.04.06.393
Semester/ Prodi              : VII-B/S-1 PAI
Nama Dosen                  : Bahruddin, M. Pd
 

MATRIK PROPOSAL PENELITIAN

No.
Uraian
Keterangan
1.
Judul Penelitian
Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MI. Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik
2.
Identifikasi dan Batasan Masalah
Identifikasi Masalah :
a.       Siswa cenderung bersikap pasif dalam proses pembelajaran.
b.      Proses pembelajaran yang monoton dan kurang bervariasi.
c.       Frekuensi pertemuan dan komunikasi antara siswa dengan orang tua siswa kurang.
d.      Siswa belum maksimal menjelaskan kembali konsep yang diterima disebabkan factor ekstern siswa.
e.       Hasil belajar siswa relative rendah dan belum maksimal.
Batasan Masalah:
a.       Penelitian ini hanya membahas pola asuh Orang Tua terhadap hasil belajar anak ketika disekolahan.
b.      Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik pada pelajaran Aqidah Akhlaq
3.
Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah pola asuh orang tua siswa kelas V MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik ?
2.      Bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik ?
3.      Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik ?
4.      Jika ada, sejauh mana pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik ?
4
Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui pola asuh orang tua siswa kelas V MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik
2.      Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik
3.      Untuk mengetahui Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik
4.      Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik
5.

Variabel dan Indikator Variabel
1.        Variabel bebas (Independen Variabel) yaitu merupakan variabel tunggal berdiri sendiri yang tidak dipengaruhi variabel lain. Dalam penulisan ini, penelitian menjadikan “Pengaruh Pola Asuh Orang tua” sebagai variabel bebas yang diberi notasi (symbol) X.
Adapun indikator dari variabelnya adalah sebagai berikut :
1. Pola asuh koersif
a. Cara orangtua mendisiplinkan anak tanpa memberi anak kebebasan.
b. Membuat keputusan untuk anak, dan anak tinggal melaksanakan keputusan orangtua.
c. Memberikan dorongan dari luar kepada anak.
2. Pola asuh permisif
a. Orangtua memberi anak kebebasan tanpa disiplin.
b. Mengambil alih tanggung jawab anak menjadi tanggung jawab orangtua.
c. Tidak memberikan dorongan kepada anak.
3. Pola asuh dialogis
a. Orangtua memberi anak kebebasan tetapi disiplin.
b. Memberi pilihan kepada anak untuk membuat keputusannya sendiri.
c. Menumbuhkan dorongan dari dalam pada diri anak
2.        Variabel terikat (Dependen Variabel) dalam penelitian ini adalah “Hasil Belajar” berfungsi sebagai variabel terikat yang diberi symbol Y. yang diprediksi munculnya karena adanya pengaruh kualitas jasa. Adapun indikator variabelnya adalah hasil rata-rata nilai rapot
6.
Hipotesis Penelitian
1.        Hipotesis Kerja (Ha)
Adanya pengaruh antara pola asuh orangtua dengan hasil belajar siswa
2.        Hipotesis Nihil (Ho)
Tidak ada pengaruh antara pola asuh orangtua dengan hasil belajar siswa
7.
Populasi Penelitian

Populasi adalah wilayah generasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan ditarik kesimpulan.
Populasinya adalah siswa kelas V MI. Ihyaul Ulum Miru yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa dan 14 siswi
8.
Jenis dan Pendekatan Penelitian

Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif karena penelitian ini merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Dikatakan deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil pengolahan data yang berupa angka.
10.
Teknik Pengumpulan Data
a.       Teknik Observasi
Observasi adalah suatu teknik pengumpulan data mempunyai ciri spesifik bila dibandingkan dengan tehnik lain yaitu wawancara dan kuesioner
b.      Teknik Dokumentasi
Metode Dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atu variabel yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notula rapat, legger, agenda, dan sebagainya.
c.       Teknik Angket
Teknik angket Adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan  dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya.
11.
Instrumen Pengumpulan Data
a.       Untuk teknik Observasi, Dalam hal ini peneliti banyak mempergunakan jenis observasi langsung, upaya peneliti digunakan untuk menggali data tentang : Keadaan guru dan anak dalam kelas, sarana dan prasarana, serta Pengaruh pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MI Ihyaul Ulum Miru kedamean Gresik
b.      Untuk teknik Dokumentasi, yang dimaksud disini adalah pengambilan data dengan cara mencatat bahan-bahan tertulis yang ada di MI MI Ihyaul Ulum Miru kedamean Gresik, terutama yang berkenaan dengan Sejarah berdirinya, Letak geografis, Struktur organisasi, Jumlah guru, Jumlah siswa, Sarana dan prasarana sekolah.
c.       Metode ini digunakan untuk mengetahui model pola asuh orang tua  siswa kelas V di MI Ihyaul Ulum. Angket memuat 10 pertanyaan dengan 3 alternatif pilihan jawaban yaitu ya, tidak, dan biasa saja
12.
Teknik Analisis Data
a.       Uji Validitas
Validitas didefinisikan sebagai sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya.
b.      Uji Reliabilitas
Reliabilitas pada dasarnya adalah sejauh mana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya. Jika hasil pengukuran yang dilakukan berulang menghasilkan hal yang relatif sama, pengukuran tersebut dianggap memiliki tingkat reliabilitas yang baik
c.       Regresi Linier Sederhana
Analisis ini digunakan untuk bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua variabel independent (Xi...xn) terhadap variabel dependent (Y)


0 komentar:

Posting Komentar