Sedikit contoh Matriks proposal , semoga bermanfaat
Nama : Abdur Rahman
Semester : VII A
Mata Kuliah : Metode Penelitian Pendidikan
STAI
Al-Azhar Menganti
Matriks
Proposal
No
|
Aspek
|
Keterangan
|
1
|
Judul
|
Penerapan pendekatan
Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
siswa pada materi zakat mall di SMA Al-Azhar Menganti.
|
2
|
Identifikasi Masalah
|
Prestasi belajar
siswa yang menurun
Motivasi belajar
siswa yang rendah
Dalam materi zakat
mall hanya 20 % siswa yang tuntas
sedangkan 80 % tidak tuntas
|
3
|
Rumusan Masalah
|
Rumusan masalah yang saya angkat adalah :
1.
Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan
diterapkannya metode pembelajaran Pendekatan Problem Based Learning (PBL)?
2.
Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran Pendekatan
Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar siswa?
|
4
|
Tujuan Penelitian
|
Beberapa tujuan yang
ingin dicapai :
1.
Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah
diterapkannya metode pembelajaran Pendekatan Problem Based Learning (PBL)
2. Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya
metode metode pembelajaran Pendekatan Problem Based Learning (PBL)
|
5
|
Hipotesis Tindakan
|
Hasil belajar siswa
pada materi bab zakat mall meningkat dengan penerapan metode pembelajaran
pendekatan Problem Based Learning.
Motivasi belajar
siswa pada materi ini cenderung meningkat dengan penerapan metode
pembelajaran Problem Based Learning.
|
6
|
Populasi Penelitian
|
Kelas X Reg A SMA
Al-Azhar dengan kasus Prestasi belajar siswa yang menurun
Motivasi belajar
siswa yang rendah
Dalam materi zakat
mall hanya 20 % siswa yang tuntas
sedangkan 80 % tidak tuntas
|
7
|
Setting Penelitian
|
Penelitian ini
dilakukan di SMA Al-Azhar Menganti Kelas X Reg A
|
8
|
Subyek Penelitian dan
Rencana Tindakan
|
Subyek penelitian ini
adalah X Reg A SMA Al-Azhar dimana satu kelas terdiri dari 30 siswa, 15
laki-laki dan 15 perempuan
Rencana tindakan :
1. Meneliti kelas
2. Memberikan latihan-latihan
3. Membuat lembaran observasi
4. Membuat jadwal penelitian
|
9
|
Teknik Pengumpulan
Data
|
Pengumpulan data
dengan metode tes yaitu tes hasil belajar
Pengumpulan data
dengan metode no tes yaitu dengan observasi
|
10
|
Instrumen Pengumpulan
Data
|
Lembar tes,
wawancara, observasi, angket, dokumentasi dan presentase ketuntasan
|
11
|
Teknik Analisis Data
|
Analisis data yang
digunakan adalah berupa hasil belajar siswa dan analisis data hasil observasi
siswa
|
Nama :
Lisa ‘Adatud Daroini
NIRM/No Peserta : 2013.4.057.0001.1.001281/2016.04.06.393
Semester/ Prodi : VII-B/S-1 PAI
Nama Dosen :
Bahruddin, M. Pd
MATRIK PROPOSAL PENELITIAN
No.
|
Uraian
|
Keterangan
|
1.
|
Judul
Penelitian
|
Pengaruh Pola
Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran
Aqidah Akhlaq Di MI. Ihyaul
Ulum Miru Kedamean Gresik
|
2.
|
Identifikasi
dan Batasan Masalah
|
Identifikasi Masalah :
a. Siswa cenderung bersikap pasif dalam
proses pembelajaran.
b. Proses pembelajaran yang monoton dan
kurang bervariasi.
c. Frekuensi pertemuan dan komunikasi antara
siswa dengan orang tua siswa kurang.
d. Siswa belum maksimal menjelaskan kembali
konsep yang diterima disebabkan factor ekstern siswa.
e. Hasil belajar siswa relative rendah dan
belum maksimal.
Batasan Masalah:
a. Penelitian ini hanya membahas pola asuh
Orang Tua terhadap hasil belajar anak ketika disekolahan.
b. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas
V di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik pada pelajaran Aqidah Akhlaq
|
3.
|
Rumusan
Masalah
|
1.
Bagaimanakah
pola asuh orang tua siswa kelas V MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik ?
2.
Bagaimana
hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul
Ulum Miru Kedamean Gresik ?
3.
Adakah
pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata
pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik ?
4.
Jika ada,
sejauh mana pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik ?
|
4
|
Tujuan
Penelitian
|
1.
Untuk
mengetahui pola asuh orang tua siswa kelas V MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean
Gresik
2.
Untuk
mengetahui hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI
Ihyaul Ulum Miru Kedamean Gresik
3.
Untuk
mengetahui Adakah pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa
kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru Kedamean
Gresik
4.
Untuk
mengetahui sejauh mana pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar
siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Ihyaul Ulum Miru
Kedamean Gresik
|
5.
|
Variabel dan Indikator Variabel
|
1.
Variabel bebas (Independen
Variabel) yaitu merupakan variabel tunggal berdiri sendiri yang tidak
dipengaruhi variabel lain. Dalam penulisan ini, penelitian menjadikan
“Pengaruh Pola Asuh Orang tua” sebagai variabel bebas yang diberi notasi
(symbol) X.
Adapun
indikator dari variabelnya adalah sebagai berikut :
1.
Pola asuh koersif
a. Cara orangtua mendisiplinkan anak tanpa memberi anak kebebasan.
b. Membuat keputusan untuk anak, dan anak tinggal melaksanakan
keputusan orangtua.
c. Memberikan dorongan dari luar kepada anak.
2. Pola asuh permisif
a. Orangtua memberi anak kebebasan tanpa disiplin.
b. Mengambil alih tanggung jawab anak menjadi tanggung jawab orangtua.
c. Tidak memberikan dorongan kepada anak.
3. Pola asuh dialogis
a. Orangtua memberi anak kebebasan tetapi disiplin.
b. Memberi pilihan kepada anak untuk membuat keputusannya sendiri.
c. Menumbuhkan dorongan dari dalam pada diri anak
2.
Variabel terikat (Dependen
Variabel) dalam penelitian ini adalah “Hasil Belajar” berfungsi sebagai variabel terikat yang
diberi symbol Y. yang diprediksi munculnya karena adanya pengaruh kualitas
jasa. Adapun indikator variabelnya adalah hasil rata-rata nilai rapot
|
6.
|
Hipotesis Penelitian
|
1.
Hipotesis
Kerja (Ha)
Adanya
pengaruh antara pola asuh orangtua dengan hasil belajar siswa
2.
Hipotesis
Nihil (Ho)
Tidak ada
pengaruh antara pola asuh orangtua dengan hasil belajar siswa
|
7.
|
Populasi Penelitian
|
Populasi
adalah wilayah generasi yang terdiri atas obyek/subyek yang mempunyai
kualitas dan karakteristik tertentu yang diterapkan oleh peneliti untuk
dipelajari dan ditarik kesimpulan.
Populasinya adalah siswa kelas V MI.
Ihyaul Ulum Miru yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 16 siswa dan 14 siswi
|
8.
|
Jenis dan Pendekatan Penelitian
|
Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif karena penelitian
ini merupakan suatu bentuk penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif.
Dikatakan deskriptif kuantitatif karena penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan hasil pengolahan data yang berupa angka.
|
10.
|
Teknik Pengumpulan Data
|
a.
Teknik Observasi
Observasi
adalah suatu teknik pengumpulan data mempunyai ciri spesifik bila
dibandingkan dengan tehnik lain yaitu wawancara dan kuesioner
b.
Teknik Dokumentasi
Metode
Dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atu variabel yang berupa
catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notula rapat,
legger, agenda, dan sebagainya.
c.
Teknik Angket
Teknik angket Adalah teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan
cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden
untuk dijawabnya.
|
11.
|
Instrumen Pengumpulan Data
|
a. Untuk teknik Observasi, Dalam
hal ini peneliti banyak mempergunakan jenis observasi langsung, upaya
peneliti digunakan untuk menggali data tentang : Keadaan guru dan anak dalam
kelas, sarana dan prasarana, serta Pengaruh pola Asuh Orang Tua Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MI Ihyaul Ulum Miru kedamean Gresik
b. Untuk teknik Dokumentasi, yang
dimaksud disini adalah pengambilan data dengan cara mencatat bahan-bahan
tertulis yang ada di MI MI Ihyaul Ulum Miru kedamean Gresik, terutama
yang berkenaan dengan Sejarah berdirinya, Letak
geografis, Struktur
organisasi, Jumlah guru, Jumlah siswa, Sarana dan
prasarana sekolah.
c. Metode ini digunakan untuk mengetahui model pola asuh orang
tua siswa kelas V di MI Ihyaul Ulum. Angket memuat 10 pertanyaan
dengan 3 alternatif pilihan jawaban yaitu ya, tidak, dan biasa saja
|
12.
|
Teknik Analisis Data
|
a. Uji Validitas
Validitas
didefinisikan sebagai sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur
dalam melakukan fungsi ukurnya.
b.
Uji Reliabilitas
Reliabilitas pada dasarnya adalah sejauh mana hasil suatu pengukuran
dapat dipercaya. Jika hasil pengukuran yang dilakukan berulang menghasilkan
hal yang relatif sama, pengukuran tersebut dianggap memiliki tingkat
reliabilitas yang baik
c.
Regresi Linier Sederhana
Analisis ini
digunakan untuk bertujuan untuk mengetahui pengaruh dua variabel independent
(Xi...xn) terhadap variabel dependent (Y)
|
0 komentar:
Posting Komentar